KODE IKLAN DFP 1 Puding Marmer | Resep Bunda Vero

Puding Marmer

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280


Alhamdulillah dapat setor ke group FB Masak Bareng dengan tema Puding Dingin. Kalau problem puding semangat banget bikinnya. Soalnya bentuknya yang bagus bikin ketagihan untuk membuatnya.



Saat ini puding dikenal sebagai hidangan dessert yang manis dan bertekstur creamy. Padahal berdasarkan catatan sejarah masakan puding yang dibentuk oleh koki kuno menghasilkan masakan yang menyerupai sosis dengan cita rasa gurih.
Lalu dari mana puding berasal ? bagaimana istilah puding bergeser dari hidangan gurih menjadi hidangan manis? menyerupai dikutip dari Food Timeline (08/ 11/ 2013 ). Inggris mengakui puding sebagai salah satu warisan masakan negeri mereka.



Pada kala ke 17  puding di Inggris terdiri dari dua rasa yaitu gurih alasannya terbuat dari daging dan anis alasannya terbuat dari tepung, kacang dan gula. Kedua puding ini biasanya direbus dalam tas puding khusus.
Haggis ialah salah satu teladan puding gurih alasannya terbuat dari jantung, hati dan paru-paru domba yang dicampur dengan bawang bombay, lemak, oatmeal, aneka rempah dan garam. Secara tradisional haggis dibungkus dlam perut binatang selama 3 jam.
Pada sekitar kala 18 puding di Inggris tidak lagi terbuat dari daging. Dan pada kala ke 19 puding masih dibentuk dengan cara direbus. Namun hasil hasilnya lebih menyerupai cake. Pada dikala itu puding disajikan secara tradisional pada perayaan Natal Puding plum atau christmas puding salah satu contohnya. Puding yang dikenal kini lebih menyerupai custard. Sejarah custard dan puding juga hampir sama kunonya. Meskipun jenis hidangan ini berbeda, namun istilah custard dan puding seolah menyatu pada kala ke 19 di Amerika.


Custard sendiri merujuk pada hidangan Romawi kuno yang dibentuk dengan telur. Bangsa Romawi kuno memang hebat dalam membuat beberapa hidangan berbasis telur menyerupai omelet atau crustades.
Ahli sejarah masakan umumnya setuju bahwa custard yang dikenal menyerupai puding dikala ini diciptakan  sejak kala pertengahan. Pada dikala itu custard dapat dimakan eksklusif atau sebagai isian pie, camilan manis tart atau roti.
Kemungkinan flan ialah custard atau puding yang paling populer dan banyak disesuaikan di seluruh dunia. Hidangan asal Inggris ini dibentuk dari sponge cake beberbentuk bundar dan diberi isian manis atau gurih. Di Spanyol dan Prancis, flan dikenal dengan nama creme caramel yang terasa manis  karena lapisan karamel lembut diatasnya.
Mulai kala ke 19 mulai dikenal bergam puding dengan paduan custard, biskuit dan cake atau bolu dan buah-buahan. Setelah dikenal gelatin, jelly dan agar-agar puding mulai disajikan dalam keadaan hirau taacuh dengan bergam jenis saus. Varian puding hirau taacuh ini disajikan sebagai dessert denagn variasi yang tidak terbatas.
Demikian asal mula puding  ( source Toko Puding / Detik com )




Kembali ke puding yang saya buat kali ini, bosen sama puding yang berlapis -lapis saya hasilnya bikin yang bermotif marmer. Awalnya mau bikin puding leci. Mbak Dinda lagi demam pengen makan puding buah, sayang begitu dibuka kalengnya lecinya gak berwarna putih menyerupai biasanya, agak kuning, padahal expirednya masih lama. Akhirnya berubah dari rencana awal, jadilah puding marmer ini.
Yuk intip resepnya....

PUDING MARMER
By : Veronica Dhani

Bahan :
  • 1 bungkus agar-agar bubuk
  • 1 bungkus jelly plain
  • 75 gram white cooking chocolate
  • 75 gr Dark Chooking Chocolate
  • 1 kaleng susu kental manis putih
  • 1000 ml air
  • pasta mocca secukupnya
Cara membuat :
  1. Campur susu kental manis, air, agar-agar abu dan jelly plain jadi satu, aduk rata.
  2. Bagi 2 adonan,  1 tambahkan Dark White Chocolate dan satunya tambahkan Dark Cooking Chocolate.
  3. Didihkan campuran yang  sudah dicampur Dark White Chocolate sambil diaduk-aduk. Angkat bagi 2 adonan, satunya beri pasta mocca .
  4. Didihkan campuran yang sudah dicampur Dark Cooking Chocolate sambil diaduk-aduk, angkat.
  5. Tuang campuran white, sehabis setengah beku tuang campuran mocca dan yang terakhir campuran cokelat.


KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2