KODE IKLAN DFP 1 Dorayaki Keju | Resep Bunda Vero

Dorayaki Keju

KODE IKLAN 200x200
KODE IKLAN 336x280

Di FB lagi seliweran niy foto-foto makanan ringan bagus Dorayaki.Iyaaa makanan ringan bagus dari Negara matahari terbit ini. Dan makanan ringan bagus dorayaki termasuk dalam makanan ringan bagus tradisional Jepang ( Wagashi ). Kue ini berbentuk bulat dan sedikit tembam, dibentuk dari dua lembar panekuk yang direkatkan dengan selai kacang merah. Dorayaki mempunyai tekstur lembut dan seolah-olah Castella alasannya yakni adonan diberi madu. Dan hampir serupa dengan imagawayaki namun berbeda bentuk dan cara memanggang.
Di Indonesia makanan ringan bagus ini mulai diperkenalkan bersamaan dengan diputarnya seri anime Doraemon di televisi. Tokoh Doraemon mempunyai kegemaran makankue Dorayaki. Kue dorayaki di Indonesia sudah diubahsuaikan dengan selera lokal, antara lain dorayaki dengan isian cokelat dan keju.
Pada mulanya Dorayaki hanya terdiri dari satu lembar makanan ringan bagus bulat dengan pinngiranyang dilipat sedikit hingga berbentuk segi empat. Di bab tengah makanan ringan bagus diberi selai kacang azuki.
Pada tahun 1914, perusahaan  makanan ringan bagus Usagiya memperkenalkan Dorayaki yang dibentuk dari adonan Castella dan terdiri dari lembar panekuk. Dorayaki yang terdiri dari dua lembar panekuk dan berbentu bulat kemudian menjadi terkenal di seluruh Jepang. Di kawasan Kansai ( Osaka atau Nara ) makanan ringan bagus ini dikenal juga dengan nama Mikasa.
Kue ini diberi nama Dorayaki alasannya yakni bentuknya yang seolah-olah Gong ( bahasa Jepang Dora ) berdasarkan dongeng lain, Samurai berjulukan Saito Musashibo Benkei yakni pencipta makanan ringan bagus ini. Benkei menderita luka-luka dan harus dirawat di rumah penduduk. Setelah sembuh, Benkei memanggang adonan dari gabungan air dan tepung terigu di atas gong.Hasilnya berupa makanan ringan bagus bulat berisi selai kacang merah yang diberikan kepada orang yang merawatnya sebagai ucapan terimakasih. ( Wikipedia )

Nah kali ini saya jatuh hati sama dorayaki yang dibikin mbak Masita di FB, dorayakinya mulus banget. Akhirnya ikutan bikin juga, alasannya yakni saya belum pernah makan dorayaki asli, jadi rasanya mirip-mirip martabak bagus cuma berasa madu...... di rumah pake isian keju aja, bawah umur suka. Next mau coba pake isian cokelat.
Resep yang saya tulis ini sudah saya kalikan 2 kecuali baking sodanya, dan  alhasil jadi 5 makanan ringan bagus dorayaki......



Dorayaki 
by odila wahyu

Resep :
  • 2 butir telur
  • 8 sdm gula pasir
  • 4 sdm madu ( dapat 1 sachet madurasa )
  • 8 sdm gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue 
  • 4  sdm tepung terigu
  • air secukupnya  ( adonan tidak teralu kental dan tidak terlalu encer saya pake lebih kuran 90 ml  )
Cara menciptakan :
  1. Campur telur, gula pasir dan madu dengan memakai whisker  hingga larut.
  2. Masukkan tepung terigu dan air  aduk rata, diamkan 15 menit.
  3. Tambahkan soda makanan ringan bagus aduk rata.
  4. Cetak di loyang teflon hingga matang.
  5. Beri topping sesuai selera.

KODE IKLAN 300x 250
close
==[ Klik disini 1X ] [ Close ]==
KODE IKLAN DFP 2
KODE IKLAN DFP 2